TRANSMISI
MANUAL
Uraian
:
Pada
saat kendaraan mulai berjalan atau menanjak, memerlukan moment yang besar untuk
itu dibutuhkan beberapa bentuk mekanisme perubah moment.
Pada
saat kendaraan berjalan pada kecepatan yang tinggi pada jalan datar moment yang
besar tidak diperlukan lagi, karena moment mesin cukup untuk menggerakkan
kendaraan.
MEKANISME
PERUBAH MOMENT
Transmisi
digunakan untuk mengatasi hal ini dengan cara merubah perbandingan gigi, untuk
:
•
Merubah momen
•
Merubah kecepatan kendaraan
•
Memungkinkan kendaraan bergerak mundur
•
Memungkinkan kendaraan diam saat mesin hidup ( posisi netral )
PERBANDINGAN
GIGI
Perbandingan
gigi dapat dihitung dengan rumus :
Pada
Transmisi terdapat dua pasang roda gigi, untuk memperoleh putaran input sahft
dan output sahaft yang searah
Pada
saat mundur
Untuk
menggerakkan kearah mundur, pada gigi transmisi ditambahkan Idle gear, untuk
memperoleh putaran inputshaft dan output shaft yang berlawanan
KONSTRUKSI
TRANSMISI
Dibawah
ini dijelaskan konstruksi transmisi yang digunakan pada kendaraan.
Pada
transmisi ini untuk semua kecepatan maju menggunakan synchromesh, sedangkan
untuk mundur menggunakan mekanisme Sleedingmesh
GEAR
SHIFT CONTROL MECHANISM
Dirct
control ( tipe pengontrol langsung )
Keuntungan
direct type :
•Pemindahan
gigi lebih cepat
•Pemindahan
lebih lembut dan mudah
•Posisi
pemindah dapat diketahui dengan mudah
GEAR
SHIFT CONTROL MECHANISM
Remote
control type ( tipe remote control )
Pada
tipe ini tuas pemindah terpisah dari tansmisi. Shift control terletak dilantai
atau di steering column
TYPE
OF TRANSMISION
MEKANISME
PERPINDAHAN GIGI
Pada
tipe ini shift arm menggerakkan langsung roda gigi percepatan yang terpasang
pada spline main shaft untuk menghubungkan dan memutuskan hubungan antara gigi
percepatan dengan countergear
MEKANISME
PERPINDAHAN GIGI
Constantmesh
type
Pada
tipe ini main gear selalu berhubungan dengan gigi pada counter shaft, main gear
dilengkapi dengan dog gear yang akan dirhubungkan dengan sleeve yang terpasang pada output shaft.
Shift
arm menggerakkan sleeve agar terjadi perpindahan putaran dari main gear ke main
shaft
Synchromesh
type
Tipe
ini mempunyai keuntungan perpindahan giginya lebih halus,
Synchromesh berfungsi untuk
menyamakan putaran roda - roda gigi yang akan berhunbungan dengan cara
melakukan pengereman
KONSTRUKSI
SYNCHROMESH
•Clutch
hub terpasang pada spline main shaft dan terdapat 3 buah alur untuk
pemasangan shifting key ( insert )
•Sleeve
dipasang pada spline clutch hub, dan alur pada sleeve dihubungkan pada shift
arm
•Shifting
key ( Insert ) terpasang pada clutch hub dan dipegang oleh key spring dan kedua
ujung shifting key masuk ke dalam celah synchronizer ring.
•Synchronizer
ring terletak diantara clutch hub dan dog gear yang bebentuk kerucut,
synchronizer ring mempunyai tiga alur untuk penempatan shifting key
CARA
KERJA SYNCHROMESH
Tahap
pertama
Hub
sleeve mendorong bagian atas shifting key, shifting key mendorong synchronizer
ring hingga berhubungan dengan dog gear. Sehingga synchronizer ring ikut
berputar
Tahap
kedua
Hub
sleeve mendorong dengan kuat chamfer dari blocker ring, dan blocker ring
menekan dog gear menyebabkan kecepatan putar dari gigi percepatan sama dengan
kecepatan putar hub sleeve
Tahap
ketiga
Hub
sleeve terus bergerak ke kanan dan alur – alur pada hub sleeve berkaitan dengan
dog gear pada gigi percepatan
MEKANISME
PENCEGAH GIGI LONCAT
Pada poros pemindah
Shift
shaft mempunyai tiga alur dimana shift detent
ball akan ditekan oleh spring bila transmisi diposisikan masuk gigi
& netral
Shift
detent mechanism berfungsi untuk mencegah gigi kemabli ke netral dan untuk
meyakinkan pengemudi bahwa roda gigi telah berkaitan
Pada
hub sleeve
Alur
– alur pada hub sleeve mempunyai bentuk runcing yang berkaitan dengan dog gear
gigi percepatan.
Untuk mencegah gigi loncat
Double
meshing prevention mechanism
Mekanisme
pencegah hubungan ganda dari transmissi ada yang menggunakan interlock ball
& pin. Yang terdiri dari sebuah interlock pin dan 4 buah interlock ball
Pada
saat masuk gigi maka salah satu shifter rod akan bergerak dan menyebabkan
interlock ball & pin mengunci shifter lainnya
TRANSFER
Fungsi :
•
Meneruskan tenaga
putar dari transmisi ke propeller shaft depan dan belakang
•
Merubah momen
pada saat dibutuhkan momen yang besar
Pada umumnya transfer digunakan pada kendaraan yang keempat rodanya dijadikan sebagai roda penggerak / FOUR
WHEEL DRIVE ( 4 WD )
Transfer
ada 2 macam :
•
Part time
•
Full time
KOMPONEN
- KOMPONENNYA
1.Low speed input gear
2.High & low clutch hub sub
assembly
3.High speed input gear
4.Transfer idler gear
5.Transfer output rear shaft
6.Transfer output gear
7.Transfer front drive clutch hub sub
– assembly
8.Transfer output front shaft
Tidak ada komentar:
Posting Komentar