Minggu, 21 April 2019

TRANSMISI MANUAL

TRANSMISI MANUAL




Uraian :
Pada saat kendaraan mulai berjalan atau menanjak, memerlukan moment yang besar untuk itu dibutuhkan beberapa bentuk mekanisme perubah moment.
Pada saat kendaraan berjalan pada kecepatan yang tinggi pada jalan datar moment yang besar tidak diperlukan lagi, karena moment mesin cukup untuk menggerakkan kendaraan. 


MEKANISME PERUBAH MOMENT


Transmisi digunakan untuk mengatasi hal ini dengan cara merubah perbandingan gigi, untuk :
Merubah momen
Merubah kecepatan kendaraan
Memungkinkan kendaraan bergerak mundur
Memungkinkan kendaraan diam saat mesin hidup ( posisi netral )

PERBANDINGAN GIGI

Perbandingan gigi dapat dihitung dengan rumus :



Pada Transmisi terdapat dua pasang roda gigi, untuk memperoleh putaran input sahft dan output sahaft yang searah


Pada saat mundur
Untuk menggerakkan kearah mundur, pada gigi transmisi ditambahkan Idle gear, untuk memperoleh putaran inputshaft dan output shaft yang berlawanan


KONSTRUKSI TRANSMISI
Dibawah ini dijelaskan konstruksi transmisi yang digunakan pada kendaraan.
Pada transmisi ini untuk semua kecepatan maju menggunakan synchromesh, sedangkan untuk mundur menggunakan mekanisme Sleedingmesh


GEAR SHIFT CONTROL MECHANISM
Dirct control ( tipe pengontrol langsung )


Keuntungan direct type :
Pemindahan gigi lebih cepat
Pemindahan lebih lembut dan mudah
Posisi pemindah dapat diketahui dengan mudah

GEAR SHIFT CONTROL MECHANISM
Remote control type ( tipe remote control )
Pada tipe ini tuas pemindah terpisah dari tansmisi. Shift control terletak dilantai atau di steering column

TYPE OF TRANSMISION
MEKANISME PERPINDAHAN GIGI






Pada tipe ini shift arm menggerakkan langsung roda gigi percepatan yang terpasang pada spline main shaft untuk menghubungkan dan memutuskan hubungan antara gigi percepatan dengan countergear

MEKANISME PERPINDAHAN GIGI
Constantmesh type

Pada tipe ini main gear selalu berhubungan dengan gigi pada counter shaft, main gear dilengkapi dengan dog gear yang akan dirhubungkan dengan  sleeve yang terpasang pada output shaft.
Shift arm menggerakkan sleeve agar terjadi perpindahan putaran dari main gear ke main shaft

Synchromesh type
Tipe ini mempunyai keuntungan perpindahan giginya lebih halus,
Synchromesh berfungsi untuk menyamakan putaran roda - roda gigi yang akan berhunbungan dengan cara melakukan pengereman

KONSTRUKSI SYNCHROMESH

 Clutch hub terpasang pada spline main shaft dan terdapat 3 buah alur untuk 
    pemasangan shifting key ( insert )
Sleeve dipasang pada spline clutch hub, dan alur pada sleeve dihubungkan pada shift arm
Shifting key ( Insert ) terpasang pada clutch hub dan dipegang oleh key spring dan kedua ujung  shifting key  masuk ke dalam celah synchronizer ring.
Synchronizer ring terletak diantara clutch hub dan dog gear yang bebentuk kerucut, synchronizer ring mempunyai tiga alur untuk penempatan shifting key

CARA KERJA SYNCHROMESH
 Tahap pertama
Hub sleeve mendorong bagian atas shifting key, shifting key mendorong synchronizer ring hingga berhubungan dengan dog gear. Sehingga synchronizer ring ikut berputar
Tahap kedua
Hub sleeve mendorong dengan kuat chamfer dari blocker ring, dan blocker ring menekan dog gear menyebabkan kecepatan putar dari gigi percepatan sama dengan kecepatan putar hub sleeve

Tahap ketiga
Hub sleeve terus bergerak ke kanan dan alur – alur pada hub sleeve berkaitan dengan dog gear pada gigi percepatan

MEKANISME PENCEGAH GIGI LONCAT
Pada poros pemindah


Shift shaft mempunyai tiga alur dimana shift detent  ball akan ditekan oleh spring bila transmisi diposisikan masuk gigi & netral
Shift detent mechanism berfungsi untuk mencegah gigi kemabli ke netral dan untuk meyakinkan pengemudi bahwa roda gigi telah berkaitan 

Pada hub sleeve 
Alur – alur pada hub sleeve mempunyai bentuk runcing yang berkaitan dengan dog gear gigi percepatan. Untuk mencegah gigi loncat 

Double meshing prevention mechanism
Mekanisme pencegah hubungan ganda dari transmissi ada yang menggunakan interlock ball & pin. Yang terdiri dari sebuah interlock pin dan 4 buah interlock ball
Pada saat masuk gigi maka salah satu shifter rod akan bergerak dan menyebabkan interlock ball & pin mengunci shifter lainnya

TRANSFER

Fungsi :
Meneruskan tenaga putar dari transmisi ke propeller shaft depan dan belakang
Merubah momen pada saat dibutuhkan momen yang besar
Pada umumnya transfer digunakan pada kendaraan yang keempat rodanya dijadikan sebagai roda penggerak / FOUR WHEEL DRIVE ( 4 WD )

Transfer ada 2 macam :
Part time
Full time 

KOMPONEN - KOMPONENNYA

1.Low speed input gear
2.High & low clutch hub sub assembly
3.High speed input gear
4.Transfer idler gear
5.Transfer output rear shaft
6.Transfer output gear
7.Transfer front drive clutch hub sub – assembly
8.Transfer output front shaft

CARA KERJANYA
Saat 2 H
Saat 4 H
Saat 4 L


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BAHAN – BAKAR & PELUMAS

BAHAN – BAKAR & PELUMAS          Banyak jenis bahan – bakar dan pelumas yang digunakan pada kendaraan,  Beberapa dian...