Senin, 22 April 2019

BAHAN – BAKAR & PELUMAS

BAHAN – BAKAR & PELUMAS




         Banyak jenis bahanbakar dan pelumas yang digunakan pada kendaraan, Beberapa diantaranya sangat beracun dan mudah terbakar sehinga harus ditangani secara hatihati
Kesalahan pemakaian bahan bakar & pelumas, dapat menyebabkan kerusakan  fatal pada komponen kendaraan. Maka dari itu penting untuk mengetahui jenis bahan - bakar & pelumas


BAHAN – BAKAR
Bahanbakar yang saat ini dipergunakan pada kendaraan meliputi Bensin ( Gasoline ), Solar ( light oil ), Methanol, LPG dll. Disini kita akan membicarakan keduanya bensin dan solar.
Catatan.
Bahan bakar bensin dan solar suatu saat akan habis.

BENSIN



Sifat utama bensin.
Bensin digunakan pada mesin dengan pengapian busi.
Sifat yang dimiliki bensin adalah :
v Mudah menguap pada temperature normal
v Tidak berwarna, tembus pandang, dan berbau
v Mempunyai titik nyala rendah ( - 10o – 15o c )
v Mempunyai berat jenis rendah ( 0,6 – 0,78 )
v Dapat melarutkan oli & karet
v Menghasilkan jumlah panas yang besar  ( 9.500 – 10.500 kcal / kg )
v Sedikit meninggalkan carbon

Syaratsyarat bensin
vMudah terbakar
v Mudah menguap
v Tidak beroksidasi & bersifat pembersih


Nilai Oktan
Nilai ketahanan terhadap ketukan ( knocking ) dari bahanbakar bensin. Cara mengukur : dengan motor method /  research method

BAHAN – BAKAR DIESEL ( SOLAR / LIGHT OIL )

Hasil distilasi minyak bumi setelah bensin dan minyak tanah
Pada temperature 200oC – 340oC
Sifat solar
v Berwarna sedikit kekuningkuningan dan berbau
v Encer dan tidak menguap pada temperature normal
v Mempunyai titik nyala tinggi ( 40oC – 100oC )
v Terbakar sendiri pada suhu 350oC ( bensin 500oC )
v Mempunyai berat jenis 0,82 – 0,86
v Menimbulkan panas yang besar ( 10.500 Kcal / kg )
v Mempunyai kandungan sulfur yang besar.


Syarat
vMudah terbakar
v Tidak membeku pada suhu dingin
v Punya daya pelumasan
v Kekentalan sesuai
v kandungan sulfur kecil
v kualitas stabil


Angka cetane
Tingkatan ketahanan bahan bakar solar terhadap knocking
Angka cetane didapat dengan membandingkan antara Normal cetane dengan a
( alpha ) methyl naptalene

OLI MESIN

SIFAT OLI MESIN
1. Sebagai pelumasan
2. Bersifat pendingin
3. Sebagai perapat
4. Sebagai pembersih

SYARAT – SYARAT OLI MESIN
1. Kekentalan tepat
2. Kekentalan stabil  terhadap pengaruh suhu
3. Sesuai dengan penggunaan metal
4. Tidak merusak  komponen ( anti karat )
5. Tidak berbusa

Metode pengelompokan minyak pelumas mesin yang  menandai karakter minyak pelumas mesin adalah sebagai berikut
SAE , API /ILSAC, ACEA

KEKENTALAN
Ditentukan dengan angka SAE


Arti kode oli multi grade
Mis : 10W - 40
10 W ArtinyaPada suhu -20oC, kekentalan oli tersebut sama dengan oli SAE 10 yang                               didinginkan minus 20oC
40 ArtinyaPada suhu +100oC, kekentalan oli tersebut sama dengan oli SAE 40 yang panaskan100oC

SAE (Society of Automotive Engineer )

KUALITAS


GEAR OIL ( OLI RODA GIGI )


GEMUK ( GREASE )
Pelumas cair yang diberi pengental :
Bahan pengental :
   a. Metalic soap
   b. Non metalic soap


Catatan :
Grease yang berbahan baku minyak bumi, mempunyai efek yang tidak baik terhadap  karet Cup kit rem akan menjadi keras oleh grease jenis ini Gunakan grease yang berbahan baku lithium soap - base glycol untuk karetkaret seperti ini
Macammacam grease
1. Multi purpose grease
2. Wheel bearing grease
3. Molybdenum disulfide lithium soap – base grease
4. Lithium soap – glycol base grease
5. High temperature grease
6. Disc brake grease
7. Release hub grease

MACAM – MACAM JENIS GREASE & FUNGSINYA
1.Multi purpose grease


Fungsi
v Untuk bearing
v Untuk Uni versal Joint
v Untuk Steering Gear

2. Wheel bearing Grease


Fungsi
v Untuk melumasi bearing
     roda

3. Molybdenum disulfide lithium soap- based grease
Fungsi
-   Untuk melumasi Rack 
    & Pinion
-   Drive Shaft

3. lithium soap- based glycol
Fungsi
v Grease untuk karet.
§ Master Cylinder
§ Release Cylinder
§ Disc Brake
§ Wheel Cylinder


- High Temperature grease

                           
Fungsi
Untuk melumasi backing plate
Permukaan singgung antara
   Brake shoe & backing plate
   supaya rem tidak bunyi
   berderit

- Disk Brake grease


Fungsi
-   Untuk melumasi Anti –   Squeal  shim Disc Brake   
-   Agar rem cakram tidak berderit

- Realese hub grease


Fungsi
v Untuk melumasi tumpuan
    garpu pembebas release
    cylinder

AUTOMATIC TRANSMISION FLUID ( ATF )

ATF Merupakan minyak pelumas dengan kaulitas tinggi dengan dengan berbagai macam bahan tambahan Terdapat beberapa macam jenis ATF dipasaran
§ Dextron II
§ Dextron III
§ dll
Catatan.
   Sebelum mengganti ATF pada automatic transmisi pastikan bahwa
   Kualitas & Jumlahnya  sesuai ( lihat ukuran pada dipstick atau lobang pengisian

MINYAK POWER STEERING


Minyak Power Steering ( ATF )
Berfungsi sebagai minyak hidrolik untuk menghasilkan tekanan & juga berfungsi sebagai pelumas untuk melumasi Silinder power steering & pompa.
Catatan.
Dextron II & Dextron III sudah memenuhi syarat untuk pompa sistim sebagai minyak untuk power steering.

MINYAK REM ( BRAKE FLUID )
MINYAK REM / CLUTCH
Minyak rem terbuat dari Glycols Karena bila terbuat dari minyak bumi dapat menyebabkan kerusakan komponen sistim rem yang terbuat karet



SEALANT ( FORMET IN PLACE GASKET / FIPG )
Sealant

Adalah gasket cair  untuk mencegah kebocoran pada 2 permukaan logam yang disatukan
Jenisnya
v Seal Packing Black  ( Three bond 1280 )
v Seal Packing 1281 ( Three bond 1281 )
v Seal Packing 12828 ( thre bond 12828 )
v Adhesive 1131 ( loctite No 518 )
v Adhesive 1324 ( three bond 1324 )
vAdhesive 1344 ( loctite No 242 )

LONG LIFE COOLANT ( LLC )


Bahan Ethylene Glycol
Fungsinya : Untuk melindungi sistim pendinginan terhadap
 “ Karat “ & “ Korosi
Catatan
Untuk lebih efektive kerja dari LLC
Maka campuran LLC Dengan air dengan konsebtrasi 30% - 50%



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BAHAN – BAKAR & PELUMAS

BAHAN – BAKAR & PELUMAS          Banyak jenis bahan – bakar dan pelumas yang digunakan pada kendaraan,  Beberapa dian...