Senin, 15 April 2019

Ganti Oli Shock depan Vario 125 



Fungsi dari Shockbreaker :

Shockbreaker berfungsi untuk meredam kejutan atau getaran yang dihasilkan oleh permukaan jalan yang tidak rata atau rusak, memberikan kestabilan pada saat kendaraan  berbelok , pada saat kendaraan melakukan proses pengereman, sehingga pengendara akan merasa nyaman dalam mengendarai kendaraannya.
Shock motor khususnya bagian depan ternyata memiliki oli yang harus di ganti pada waktunya , mungkin tidak semua orang tahu bahwa penggantian oli shock ini penting agar kinerja shockbreaker menjadi lebih empuk. Buat para pengguna motor jika motor sudah menempuh jarak waktu 1 tahun atau sudah menembuh kira kira sekitar 15.000 sampai 20.000 KM maka jangan lupa untuk mengganti oli shockbreaker khususnya bagian depan.Selain Membuat motor menjadi empuk , jika diganti tentunya akan lebih nyaman lagi motor tersebut saat dikendarai.
Penggantian oli shockbreaker sendiri dilakukan apabila shockbreaker sudah tidak terasa empuk atau ada kebocoran pada seal nya karena tergoresnya dinding as shockbreaker. 
Berikut ini saya bahas bagaimana cara mengganti oli shock depan untuk Honda Vario 125 esp, tapi sebetulnya untuk motor jenis yang sama tentu tidak jauh berbeda caranya. Ingatnya hanya mengganti olinya saja tanpa ganti Oil Seal, soalnya yang jadi contoh Motor saya sendiri yang sealnya masih bagus/tidak perlu diganti, Oke langsung aja ya :
Yang perlu anda persiapkan untuk mengganti oli shockbreaker misalnya seperti :
  1. Kunci – kunci yang sesuai untuk pekerjaan, diantaranya kunci L bintang ukuran T40 atau kunci T 14 jika caliper tidak memakai baut bintang, Kunci Ring pas ukuran 14, 17 dan 19, kunci T8,
  2. Alat Bantu Penekan Spring Seat untuk memudahkan membuka Penguncinya.
  1. Untuk Oli Shocknya sendiri kita pakai oli shock sesuai dengan jenis motornya.

Berikut Ini Tabel Volume Oli Shock Untuk Berbagai jenis motor Honda, tabel tersebut adalah untuk volume 1 Shock saja, bagian kiri atau kanan. Tabel tersebut bisa dilihat di kemasan oli shock yang kita beli.
GRAND
52 ML
SUPRA  X/FIT
64 ML
KARISMA
68ML
KIRANA
70ML
VARIO
75ML
GL 100/ GL 125
80ML
WIN
81ML
GL PRO/ MAX
157ML
MEGA PRO
159ML
NEW MEGA PRO
163ML
TIGER
126ML
NEW TIGER
135ML
CS 1
54.5ML
BEAT
76ML
BLADE
65.5ML
NEW REVO 110
65.5ML
Langkah – langkah  :
  • Melepas Kaliper rem menggunakan kunci L Bintang T40  jika baut kalipernya memakai baut bintang, atau dengan kunci 14 jika bukan menggunakan baut bintang.

  •         Melepas roda Depan dengan menggunakan kunci Ring pas 17 dan 19.

  •  Melepas penopang selang Rem dengan menggunakan kunci 8.
  • Melepas Spakbor Depan jika merasa menghalangi ruang gerak pada saat membuka baut Shock.
  • Melepas Sockbreaker depan bagian kiri dan kanan dengan kunci ring pas 14.
  • Melepas  Ring Pengunci dengan bantuan alat penekan untuk mempermudah pekerjaan.
  • Mengeluarkan Oli Shock Lama sampai bersih, bersihkan Per dari oli bekas.
  • Masukan oli shock baru dengan ukuran yang sesuai ( untuk Vario dengan Volume 75 ml , lihat tabel).
  • Memasang kembali Fork Spring , Spring Seat dan pasang  pengunci.
  • Pasang kembali shockbreaker, Spakboard depan, roda depan, penahan selang rem dan caliper Rem.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BAHAN – BAKAR & PELUMAS

BAHAN – BAKAR & PELUMAS          Banyak jenis bahan – bakar dan pelumas yang digunakan pada kendaraan,  Beberapa dian...