Ganti Oli Shock depan Vario 125
Fungsi dari Shockbreaker :
Shockbreaker
berfungsi untuk meredam kejutan atau getaran yang dihasilkan oleh permukaan
jalan yang tidak rata atau rusak, memberikan kestabilan pada saat
kendaraan berbelok , pada saat kendaraan
melakukan proses pengereman, sehingga pengendara akan merasa nyaman dalam
mengendarai kendaraannya.
Shock motor khususnya bagian depan ternyata memiliki oli yang
harus di ganti pada waktunya , mungkin tidak semua orang tahu bahwa penggantian
oli shock ini penting agar kinerja shockbreaker menjadi lebih empuk. Buat para
pengguna motor jika motor sudah menempuh jarak waktu 1 tahun atau sudah
menembuh kira kira sekitar 15.000 sampai 20.000 KM maka jangan lupa untuk
mengganti oli shockbreaker khususnya bagian depan.Selain Membuat motor menjadi
empuk , jika diganti tentunya akan lebih nyaman lagi motor tersebut saat
dikendarai.
Penggantian
oli shockbreaker sendiri dilakukan apabila shockbreaker sudah tidak terasa
empuk atau ada kebocoran pada seal nya karena tergoresnya dinding as shockbreaker.
Berikut
ini saya bahas bagaimana cara mengganti oli shock depan untuk Honda Vario 125
esp, tapi sebetulnya untuk motor jenis yang sama tentu tidak jauh berbeda
caranya. Ingatnya hanya mengganti olinya saja tanpa ganti Oil Seal, soalnya
yang jadi contoh Motor saya sendiri yang sealnya masih bagus/tidak perlu
diganti, Oke langsung aja ya :
Yang perlu anda persiapkan untuk
mengganti oli shockbreaker misalnya seperti :
- Kunci
– kunci yang sesuai untuk pekerjaan, diantaranya kunci L bintang ukuran
T40 atau kunci T 14 jika caliper tidak memakai baut bintang, Kunci Ring
pas ukuran 14, 17 dan 19, kunci T8,
- Alat Bantu Penekan Spring Seat untuk memudahkan membuka Penguncinya.
- Untuk
Oli Shocknya sendiri kita pakai oli shock sesuai dengan jenis motornya.
Berikut
Ini Tabel Volume Oli Shock Untuk Berbagai jenis motor Honda, tabel tersebut
adalah untuk volume 1 Shock saja, bagian kiri atau kanan. Tabel tersebut bisa
dilihat di kemasan oli shock yang kita beli.
GRAND
|
52 ML
|
SUPRA X/FIT
|
64 ML
|
KARISMA
|
68ML
|
KIRANA
|
70ML
|
VARIO
|
75ML
|
GL 100/ GL 125
|
80ML
|
WIN
|
81ML
|
GL PRO/ MAX
|
157ML
|
MEGA PRO
|
159ML
|
NEW MEGA PRO
|
163ML
|
TIGER
|
126ML
|
NEW TIGER
|
135ML
|
CS 1
|
54.5ML
|
BEAT
|
76ML
|
BLADE
|
65.5ML
|
NEW REVO 110
|
65.5ML
|
Langkah – langkah :
- Melepas Kaliper rem menggunakan kunci L Bintang T40 jika baut kalipernya memakai baut bintang, atau dengan kunci 14 jika bukan menggunakan baut bintang.
- Melepas roda Depan dengan menggunakan kunci Ring pas 17 dan 19.
- Melepas penopang selang Rem dengan menggunakan kunci 8.
- Melepas Spakbor Depan jika merasa menghalangi ruang gerak pada saat membuka baut Shock.
- Melepas Sockbreaker depan bagian kiri dan kanan dengan kunci ring pas 14.
- Melepas Ring Pengunci dengan bantuan alat penekan untuk mempermudah pekerjaan.
- Mengeluarkan Oli Shock Lama sampai bersih, bersihkan Per dari oli bekas.
- Masukan oli shock baru dengan ukuran yang sesuai ( untuk Vario dengan Volume 75 ml , lihat tabel).
- Memasang kembali Fork Spring , Spring Seat dan pasang pengunci.
- Pasang kembali shockbreaker, Spakboard depan, roda depan, penahan selang rem dan caliper Rem.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar